Mengabarkan dan menginformasikan tentang Samigaluh

Festival Kethoprak Kulon Progo 2014

Sumber :
http://samigaluh.kulonprogokab.go.id/article-24-festival-kethoprak-kulon-progo-2014.html

Senin, 8 September 2014 11:15:33 - Oleh : Tim Publikasi

SAMIGALUH. Dalam rangka promosi dan publikasi seni budaya Kabupaten Kulon Progo Tahun 2014, disenggarakan Festival Kethoprak Antar Kecamatan se-Kabupaten Kulon Progo. Dimana setiap Kecamatan menyelenggarakan pentas kethoprak dengan menggunakan Danais di masing-masing kecamatan.

Kecamatan Samigaluh mendapatkan jadwal penyelenggaraan pentas kethoprak pada hari Minggu 7 September 2014. Pentas diselenggarakan di Lapangan Sidowayah pada pukul 20.00 WIB dengan Lakon Legenda Mataram Kuno "Dyah Asoka" yang disutradarai oleh Ponidjan St.

Dalam lakon ini dikisahkan bahwa setelah wafatnya Prameswari Sigaluh, situasi kerajaan Sigaluh semakin memburuk. Karena ulah Asoka istri selir raja Balitung yang menginginkan pembuatan Pesanggaran yang megah dan berambisi anaknya Nararya Sentanu menjadi Pangaran Pati. Baerbagai cara telah dilalui dengan bekerja sama dengan Langse untuk membunuh Nararya Panjalu anak pertama dari Prameswari. Walau akhirnya Nararya Panjalu belum mati dan membuka semua takbir yang menyelimuti Sigaluh.

Penyelenggara pentas tersebut adalah Panitia Kabupaten dan Panitia Lokal Kecamatan sebanyak 60 orang. Acara pentas berlangsung sukses dengan banyak dihadiri dan ditonton oleh masyarakat samigaluh.

Foto-foto kegiatan :
Para Pemain

Suasana Pentas





Tag : Budaya
0 Komentar untuk "Festival Kethoprak Kulon Progo 2014"

Back To Top