Mengabarkan dan menginformasikan tentang Samigaluh

Kirab merti desa hari jadi ke 67 desa Ngargosari, Samigaluh



(Info Samigaluh - 19/10) Dalam rangka memperingati hari jadi Desa Ngargosari, yang ke 67, pada Sabtu (18/10), Pemerintah Desa Ngargosari mengadakan kirab budaya, sekaligus merti desa, dan juga peringatan hari Sumpah Pemuda. Rombongan kirab dibuka dengan pengibaran bendera, dan diikuti oleh drumband dari MTsN Sidoharjo, yang merupakan juara satu dalam lomba drumband tingkat Kab. Kulonprogo, beberapa waktu yang lalu. Pawai kirab mengambil rute dari pertigaan Totogan kemudian melewati Kantor Pos Samigaluh, SMAN 1 Samigaluh, SMPN 2 Samigaluh, dan berakhir di lapangan desa Ngargosari.

Peserta kirab adalah perwakilan masing-masing dusun di Desa Ngargosari, yang disebut sebagai satu bergodo. Setiap satu bergodo beserta para pengawal/peserta membawa uborampe gunungan yang berisi berbagai macam hasil bumi. Perwakilan dari sekolah-sekolah yang ada di Desa Ngargosari juga meramaikan acara kirab ini.

Pawai kirab berakhir di lapangan desa Ngargosari. Setiap bergodo mempersiapkan diri di tempat masing-masing untuk melaksanakan upacara hari jadi desa Ngargosari. Selaras dengan peserta upacara yang mengenakan busana adat Jawa, dalam pelaksanaan upacara juga sepenuhnya menggunakan aba-aba berbahasa Jawa. Sebagai inspektur upacara adalah kepala desa Ngargosari. Walaupun cuaca cukup panas, tetapi tidak menyurutkan semangat peserta upacara untuk mengikuti prosesi upacara sampai selesai. Setelah upacara selesai, gunungan yang telah dipersiapkan diperebutkan oleh semua yang hadir di lapangan. Tak perlu waktu lama untuk menghabiskan delapan gunungan yang ada. Penampilan drumband MTsN Sidoharjo dan tari Angguk kemudian tampil, untuk memberikan hiburan kepada pentonton.

Bupati Kulonprogo, yang dalam kesempatan ini diwakilkan oleh kepala dinas kebudayaan, dalam sambutannya, sangat mendukung acara ini, sebagai salah satu bukti nyata keberagaman kebudayaan di Kulonprogo, sehingga menambah nilai-nilai keistimewaan Yogyakarta. (a90)

Lihat galeri fotonya : DISINI 


Follow Twitter INFO-SAMIGALUH : @info_samigaluh | Facebook fanspage : Info Samigaluh untuk berita terupdate seputar Samigaluh. Kontak liputan : 085643437024.
Tag : Budaya
0 Komentar untuk "Kirab merti desa hari jadi ke 67 desa Ngargosari, Samigaluh"

Back To Top