Mengabarkan dan menginformasikan tentang Samigaluh

Puncak Suroloyo, Keceme, Samigaluh

Puncak Suroloyo berada di dusun Keceme, desa Gerbosari, Samigaluh, Kulonprogo. Obyek wisata ini terletak di ketinggian kurang lebih 1.000 m di atas permukaan laut, sehingga bisa dikatakan puncak yang tertinggi di antara barisan pegunungan Menoreh Kulonprogo, yang membentak dari Kokap di sebelah selatan, sampai Samigaluh di sebelah utara. Karena letaknya yang tertinggi ini, di obyek wisata ini, kita dapat melihat sekeliling secara leluasa 360 derajat, dari barat, utara, timur dan selatan. Selain itu, udara dingin khas pegunungan, sangat memanjakan tubuh, untuk berelaksasi, menenangkan fikiran. Puncak Suroloyo adalah nama salah satu puncak, yang sebenarnya seluruhnya terdapat tiga buah puncak, yaitu Suroloyo, Sariloyo dan Kaendran.

Puncak Suroloyo
Sumber : YogYES.com
Memandang ke utara, akan ditampilan hamparan kota Magelang dengan ikon Candi Borobudurnya, ada Gunung Sumbing, Gunung Merbabu. Anda perlu menggunakan alat bantu penglihatan teropong, agar bisa melihat Candi Borobudur dengan jelas. Ke arah timur, akan disajikan pemandangan puncak Gunung Merapi. Ke arah selatan, landscape kota Nanggulan, Sentolo, Wates, dan laut selatan, merupakan pemandangan yang kita jumpai. Selanjutnya di sebelah barat, bisa disaksikan hamparan terusan perbukitan Menoreh.

Puncak Suroloyo, kaya akan mitos budaya dan legenda. Menurut cerita, Puncak Suroloyo dahulu merupakan pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusumo, salah satu raja Mataram Islam, yang sangat sukses pada masa itu. Dalam legenda pewayangan, juga dikenal Kayangan Suroloyo, tempat bersemayam para bathara atau dewa.

Akses Lokasi

Menuju Puncak Suroloyo, bagi yang pertama kali datang, merupakan sensasi tersendiri. Diperlukan persiapan khusus, baik fisik maupun kendaraan yang dipakai, dan pastikan dalam kendaraan prima. Bukan tanpa sebab, karena daerah pegunungan, sehingga jalan yang dilalui banyak tikungan dan tanjakan. Namun, jangan khawatir, tahun 2013-2014 kemarin dilakukan renovasi pada jalan menuju Suroloyo, sehingga jarang dijumpai jarang berlubang dan tidak rata. Beberapa tikungan juga diperlebar, untuk mengurangi bahaya.

Untuk mencapai Suroloyo, bisa melalui beberapa akses berikut ini :
1. Jogja - Jl. Godean - Perempatan Demak Ijo (lurus) - Perempatan Godean (lurus) - Perempatan Kenteng Nanggulan (belok kanan) - Perempatan Dekso (lurus) - Pertigaan Rest Area Bendo (belok kiri, jalanan mulai naik) - Pertigaan Madigondo (belok Kanan, jalanan naik) - Puncak Suroloyo. Waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan sepeda motor, kurang lebih berjarak 40 km.

2.  Jogja - Jl. Godean - Perempatan Demak Ijo (lurus) - Perempatan Godean (lurus) - Perempatan Kenteng Nanggulan (belok kanan) - Perempatan Dekso (belok kiri) - Kecamatan Samigaluh - Pertigaan Totogan (belok kanan, naik, mulai naik, dan jalan banyak yang tidak rata) - Puncak Suroloyo. Waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan sepeda motor, kurang lebih berjarak 40 km.

Peta lokasi Suroloyo (lingkaran merah)

Lokasi Google Map : -7.64727777777778 LU, 110.180027777778 BT

Kebutuhan bensin, sekitar 4 liter pulang pergi dari Jogja, dengan menggunakan sepeda motor 4 tak.

Fasilitas Pendukung

7. Homestay
8. Gasebo

Retribusi

Harga tiket masuk : Rp. 2.000,-, Parkir motor Rp. 1.000,-.

Follow Twitter INFO-SAMIGALUH : @info_samigaluh | Facebook fanspage : Info Samigaluh untuk berita terupdate seputar Samigaluh. Kontak liputan : 085643437024.
Tag : Obyek Wisata
1 Komentar untuk "Puncak Suroloyo, Keceme, Samigaluh"