Mengabarkan dan menginformasikan tentang Samigaluh

Samigaluh Juara II Festival Kethoprak antar kecamatan

Sumber : http://samigaluh.kulonprogokab.go.id/article-25-samigaluh-juara-ii-festival-kethoprak-antar-kecamatan.html

SAMIGALUH. Suatu prestasi yang patut dibanggakan bahwa Samigaluh meraih juara II dalam Festival Kethoprak Antar Kecamatan se-Kabupaten Kulon Progo. Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) secara langsung mengumumkan dan menyerahkan trophi serta uang pembinaan kepada para pemenang festival. (17/09/2014). Juara pada Festival Kethoprak ini dikelompokkan dalam beberapa kategori yaitu Penyaji terbaik, Peran Utama Pria Terbaik, Peran Utama Wanita Terbaik, Penata Rias Terbaik dan Penata Artistik Terbaik.

Samigaluh meraih juara II dalam kategori Penyaji Terbaik sehingga berhak mendapat Trophi dan uang pembinaan sebesar 15 Juta rupiah. Sedang juara I diaraih oleh Kecamatan Pengasih dengan trophi dan uang pembinaan 20 juta rupiah, Juara III diaraih kecamatan Nanggulan dengan trophi dan uang pembinaan 10 juta rupiah, juara IV diraih kecamatan Wates serta juara V diraih kecamatan Temon masing-masing mendapatkan trophi dan uang pembinaan 5 juta rupiah.

Selain meraih juara II kategori Penyaji Terbaik, Samigaluh juga mendapat juara dalam kategori Peran Utama Wanita Terbaik dan Penata Rias terbaik. Peran Utama Wanita terbaik diraih oleh Heri Yulianti sehingga berhak mendapat trophi dan uang pembinaan 1 juta rupiah sedangkan Penata Rias Terbaik diraih oleh Widi Harsini dengan mendapatkan trophi dan uang pembinaan 750.000 rupiah .

Pada festival ini Samigaluh menampilkan Lakon Legenda Mataram Kuno "Dyah Asoka" yang disutradarai oleh Ponidjan St yang dimainkan oleh Paguyuban Gerbang Paksi Samigaluh. Paguyuban tersebut merupakan gabungan dari kelompok kethoprak dari tujuh desa yaitu Gerbosari, Banjarsari, Ngargosari, Purwoharjo, Pagerharjo, Kebonharjo dan Sidoharjo.

Penyelenggaraan Festival ini disambut baik oleh para pemain sebagai ajang promosi dan pembinaan terhadap para pemain serta memudahkan dalam usaha pencairan bibit-bibit pemain kethoprak. Bambang Eko Suryanto selaku Pembina Paguyuban Kethoprak di Samigaluh mengeluhkan kurangnya waktu persiapan dan latihan yang begitu mepet sehingga kurang maksimal dalam penampilannya. Namun Bambang sangat mendukung adanya festival tersebut dan berharap acara-acara semacam ini terus berlanjut sehingga pembinaan dan promosi terhadap Kethoprak dapat lebih maksimal sesuai tujuan yang diharapkan.



Follow Twitter INFO-SAMIGALUH : @info_samigaluh | Facebook fanspage : Info Samigaluh untuk berita terupdate seputar Samigaluh. Kontak liputan : 085643437024.
Tag : Budaya
0 Komentar untuk "Samigaluh Juara II Festival Kethoprak antar kecamatan"

Back To Top