Mengabarkan dan menginformasikan tentang Samigaluh

Jejak Prasejarah Samigaluh : Candi Pringtali

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Samigaluh, kecamatan paling utara di Kabupaten Kulonprogo ini, menyimpan banyak eksotisme keindahan alam yang memanjakan mata. Mulai dari air terjun Sidoharjo, salah satu air terjun tertinggi di  Yogyakarta, air terjun Nglinggo dan kebun tehnya, kesejukan Puncak Suroloyo , Puncak Gunung Kucir, Goa Sriti yang pernah dipakai bersembunyi Pangeran Diponegoro, dan tempat-tempat lainnya yang masih terus dieksplorasi oleh masyarakat. Tak heran, jika tiap akhir pekan, banyak dijumpai rombongan wisatawan, yang hilir mudik di sekitar jalanan Samigaluh. Tidak salah memang, belakangan ini, Samigaluh menjadi salah satu alternatif tujuan wisata, bagi para wisatawan.

Tentunya, tidak hanya potensi wisata alam saja, yang "tersedia" di Samigaluh. Banyak potensi wisata jenis lain yang belum diekspose lebih lanjut. Salah satunya adalah tempat wisata sejarah. Ada salah satu bukti yang masih dapat kita saksikan, bahwa dahulu di Samigaluh juga sudah masuk peradaban prasejarah pada masa Hindu Budha. Adalah sebuah candi yang terletak di dusun Pringtali, desa Kebonharjo, kecamatan Samigaluh, yang menjadi bukti keberadaan peradaban Hindu/Budha tersebut.  Candi, seperti kita ketahui, adalah tempat peribadatan umat Hindu atau Budha. Karena terletak di Dusun Pringtali, orang sering menyebut candi ini sebagai Candi Pringtali. Adanya candi di Samigaluh ini dimungkinkan, karena lokasi Samigaluh, yang letaknya cukup dengan pusat peradaban Hindu/Budha seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan dan pusat kerajaan Mataram.

Penulis yang beberapa waktu yang lalu, menelusuri keberadaan candi ini, cukup kesulitan untuk menggali informasi tentang candi ini, karena tidak ada orang yang khusus memelihara atau mengurus candi ini atau juru kunci. Penulis hanya sedikit mendapatkan informasi dari ibu yang mempunyai warung yang letaknya 10 meter dari lokasi candi ini. Beliau bercerita bahwa candi ini dulunya tidak berbentuk. Sampai suatu ketika (beliau tidak menyebutkan secara rinci tahun berapa), datang seorang yang oleh beliau disebut disebut paranormal berbaju serba putih datang di lokasi tersebut dan menyusun menjadi bentuk candi yang sekarang. Orang tersebut sama sekali tidak dikenal oleh masyarakat sekitar.

Tanpa bekal ilmu kepurbakalaan yang mumpuni, lantas penulis lakukan pencarian di internet tentang candi Pringtali ini. Berdasarkan ulasan dari akun blogger Alexander Raf, seorang pemerhati peninggalan cagar budaya, didapatkan informasi bahwa candi Pringtali merupakan candi bercorak Hindu, karena ditemukannya lingga dan bentuk candi yang berupa ratna. Dan susunan candi yang ditampilkan sekarang, sudah bukan merupakan bentuk aslinya, karena dahulu saat ditemukan sudah dalam kondisi rusak, dan kemudian disusun secara asal-asalan oleh yang disebut ibu pemilik warung tadi sebagai paranormal. Masih dari blog tersebut, bahwa candi Pringtali ini bercorak candi model Jawa Tengah.

Detail lokasi candi. 

Lokasi candi, terletak di dusun Pringtali, desa Kebonharjo, kecamatan Samigaluh. Persis terletak di depan SD Negeri Kebonharjo. Desa Kebonharjo, merupakan desa yang terletak di bagian selatan kecamatan Samigaluh. Berjarak kurang lebih 10 kilometer dari pusat kecamatan Samigaluh. Secara keseluruhan, kondisi jalan menuju candi ini cukup aman untuk dilewati. Namun perlu kehati-hatian ekstra, karena banyak turunan dan tanjakan yang cukup curam. Lokasi candi Pringtali dapat ditempuh melalui dua rute utama :

  1. Melalui perempatan Kenteng Nanggulan : ke arah Goa Kiskendho - pertigaan Pendoworejo, ke kanan - balaidesa Pendoworejo - dusun Nogosari - dusun Pringtali, berhenti di depan SD Kebonharjo.
  2. Melalui perempatan Dekso, Kalibawang : ke arah Samigaluh (barat) - kecamatan Samigaluh - Totogan - Plono (belok kiri) - perempatan (lurus / jalan naik) - Gereja Kalirejo - pertigaan di hutan pinus (ke kiri), ada pertigaan lagi (ke kanan / jalan turun) - menuju ke balaidesa Kebonharjo - menuju dusun Pringtali, berhenti di depan SD Kebonharjo. 

Memang, keberadaan candi ini kurang begitu diketahui oleh banyak orang, dimungkinkan karena lokasinya yang terpencil ini. Namun, Anda tidak perlu sungkan untuk bertanya kepada penduduk sekitar, karena Insya Alloh, akan diberitahu dengan senang hati.

Peta lokasi di Wikimapia :

http://wikimapia.org/#lang=en&lat=-7.710285&lon=110.160349&z=19&m=b


Foto-foto : 















Follow Twitter INFO-SAMIGALUH : @info_samigaluh | Facebook fanspage : Info Samigaluh untuk berita terupdate seputar Samigaluh. Kontak liputan : 085643437024.
3 Komentar untuk "Jejak Prasejarah Samigaluh : Candi Pringtali"

katanya dekat situ ada air terjun ya ams di pring Tali diaksih tahu teman hehe mantap mas Josh lanjutkan mas....

iya benar, mas.. kapan2 saya postingkan tentang itu.. :)

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

Back To Top