Mengabarkan dan menginformasikan tentang Samigaluh

Upacara adat Baritan di Dusun Karang, Gerbosari

Ka Dinas Kebudayaan Kulon Progo "ngguyang" sapi

(SAMIGALUH - IS). Bertempat di bulak persawahan Gayam, Karang, Gerbosari, Senin Legi, (29/9) masyarakat dusun Karang dan sekitarnya, berbondong-bondong menyaksikan prosesi upacara adata "Baritan". Semua lapisan masyarakat turut hadir, mulai dari anak-anak, dewasa, laki-laki, perempuan, pejabat dan rakyat biasa hadir untuk menyaksikan jalannya upacara.

Acara dimulai dengan mengarak uborampe upacara seperti gunungan yang berjumlah dua buah, ke tempat prosesi upacara. Grup kesenian kuda lumping dari dusun Jeruk yang telah standby untuk tampil, menyambut arak-arakan gunungan. Selanjutnya dibawakan lagu macapat "Gambuh" oleh salah seorang warga, dan diikuti dengan do'a oleh pemuka agama setempat. Sambutan dari kepala desa Gerbosari dan kepala dusun Karang, yang menjelaskan tentang seluk beluk acara "Baritan",  turut mengisi acara-demi acara yang dilalui. Tiba saatnya prosesi yang ditunggu peserta, yaitu rebutan gunungan. Dalam sekejap, gunungan ludes diperebutkan oleh masyarakat yang hadir.

Selain warga masyarakat, hadir pula menyaksikan, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo, dan Camat Samigaluh, Drs. Wahyu Pujianto, beserta jajarannya. Keduanya diberi kesempatan untuk melakukan prosesi "ngguyang" / memandikan sapi. Acara ditutup dengan penampilan kembali pentas seni kuda lumping dari grup yang sama.  (a90)



Follow Twitter INFO-SAMIGALUH : @info_samigaluh | Facebook fanspage : Info Samigaluh untuk berita terupdate seputar Samigaluh. Kontak liputan : 085643437024.
0 Komentar untuk "Upacara adat Baritan di Dusun Karang, Gerbosari"

Back To Top